Free Trade Area

Sebuah wilayah perdagangan bebas (Free Trade Area, FTA) adalah suatu pengelompokan perdagangan negara-negara anggota yang terkait dan telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas (FTA), yang menghilangkan segala bentuk tarif (meskipun beberapa hanya mengecilkan tarif), pembatasan kuota impor, dan preferensi (syarat-syarat) pada sebagian besar barang dan jasa yang diperdagangkan di antara negara yang melakukan perjanjian FTA. Wilayah perdagangan bebas juga memungkinkan negara untuk fokus pada keunggulan kompetitif dan komparatif untuk lebih bebas dalam perdagangan sehingga barang-barang yang tidak dipunyai atau belum berpengalaman untuk membuat suatu barang dapat lebih cepat masuk dari negara lain begitu juga sebaliknya, sehingga meningkatkan efisiensi dan profitabilitas masing-masing negara, Perdagangan bebas juga menghilangkan interfensi negara terhadap perdagangans dan bertransaksi tanpa gangguan dari pemerintah.

Jika orang juga bebas untuk bergerak melintasi batas-batas negara-negara bersangkutan, selain FTA, juga akan dianggap sebagai perbatasan terbuka atau biasa disebut sebagai open border jika terdapat dalam perjanjian. Hal ini dapat dianggap sebagai tahap kedua integrasi ekonomi. Negara memilih jenis integrasi ekonomi jika struktur ekonomi mereka saling melengkapi satu sama lainnya, seperti Uni Eropa.

Untuk menentukan kelayakan perjanjian perdagangan bebas, importir harus mendapatkan informasi produk dari semua pemasok. Setelah dokumentasi pemasok diterima importir harus menentukan kelayakan produk Setiap perjanjian perdagangan bebas akan memenuhi syarat importir produk dalam cara yang berbeda, namun dasar kualifikasi mengelilingi gagasan bahwa produk harus memiliki standarisasi lokal

beberapa contoh FTA: ASEAN-FTA (AFTA), Asia-Pacific Trade Agreement (APTA), Central American Integration System (SICA), Central European Free Trade Agreement (CEFTA), G-3 Free Trade Agreement (G-3), North American Free Trade Agreement (NAFTA), Pacific accord, South Asia Free Trade Agreement (SAFTA), Southern African Development Community (SADC), Southern Common Market (MERCOSUR), Trans-Pacific Strategic Economic Partnership (TPP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • 154,100 Sentuhan
free counters
%d blogger menyukai ini: