RegiFauzi Journal: Baik dan Buruk?

suatu hari ada seorang teman saya yang berkata “kalau memang Tuhan itu baik dan bijak mengapa ia menciptakan manusia ada yang baik dan jahat?, apakah Tuhan menciptakan orang jahat hanya untuk memenuhi neraka? mengapa Tuhan tidak membuat saja seluruh manusia itu baik?”

opini yang terlintas di kepala saya waktu itu hanya satu: teman saya yang satu ini filosofis sekali. memang pertanyaan seperti tadi cukup sering terdengar terutama mungkin bagi yang sering mempertanyakan hidup dan kehilangan pegangan, terutama pada agama yang dianutnya, setelah dipikirkan ulang mungkin jawabannya pun bermacam – macam tergantung darimana perspektif kita melihatnya dan kepala siapa yang memprosesnya.

well, ketika teman saya menanyakan hal tsb yang saya bisa jawab hanyalah : jika Tuhan menciptakan semua itu baik sangat tidak mungkin karena makna baik dan buruk itu sendiri belum kita pahami secara benar, contohnya saja bagaimana ketika seseorang mencuri demi kebaikan orang banyak seperti Robin Hood? atau orang yang membunuh karena merasa terancam hidupnya seperti kasus TKI kemarin? coba anda tanyakan diri sendiri apa itu baik dan apa itu jahat, sekali lagi tergantung kepala siapa yang berpikir.

saya juga teringat sebuah pertanyaan teman saya yang lain yang pernah dilontarkan ke seorang dosen filsafat saya: “menurut bapak apakah manusia terlahir baik atau buruk?” dan dosen saya mengatakan: “manusia punya dua hal tersebut ketika lahir, tinggal manusianya sajalah yang menentukan kemana ia pergi”, baik dan buruknya manusia itu adalah pilihan, siapa yang menentukan adalah kita sendiri. Kesimpulannya manusia diberi kebebasan oleh Tuhan untuk memilih.

Tuhan menciptakan dunia ini dengan kesamaan: Berpasangan namun Berlawanan seperti Air dan Api, Jenis kelamin, dan yang pasti baik dan buruk. dimana manusia berada pasti akan dihadapkan pada dua pilihan yang berbeda dan manusia dibebaskan untuk memilih jalan hidup yang terbaik menurut masing – masing individu, terlepas dari apakah yang baik itu benar dan apakah yang buruk itu salah semua kembali bagaimana si Manusia terbentuk dan apa yang mempengaruhinya, entah agama, lingkungan, ataupun keluarga, semua itu adalah rahasia Tuhan entah itu diterima atau tidak oleh kita manusia hanya satu yang pasti, Tuhan tahu apa yang Ia kerjakan.

Rf

Tinggalkan Balasan

  • 154,274 Sentuhan
free counters
