Gulfstream G650

Keandalan moda transportasi favorit kalangan jetset ini membuat mereka tak segan-segan merogok kocek lebih mahal dari tarif normal. Mengungsi dengan jet pribadi merupakan alternatif yang dapat diterapkan di Indonesia, mengingat negara ini berada di ring of fire sehingga rawan terjadi bencana alam. Gulfstream G650 merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi kaum eksekutif Indonesia bila hendak membeli jet pribadi.

Sebagai flagship dari jajaran produk Gulfstream, jet ini diklaim merupakan yang terbesar dan tercepat di kelasnya. Meski mencantumkan kecepatan maksimal 0,9 Mach dalam spesifikasi resminya, pada sebuah uji terbang internal G650 meraih top speed mendekati kecepatan suara (Mach 0.995). Tampaknya G650 ingin mengulang kejayaan era Concorde, karena paska pensiunnya Concorde gema pesawat supersonik tidak terdengar lagi. Hasil yang lebih tinggi dari spesifikasi resmi juga diperoleh saat melakukan uji terbang guna memeroleh Certificate of Airworthiness from the Federal Aviation Administration (FAA) yaitu sebesar 0,94 Mach. Pesawat yang memiliki daya jelajah 12.964 km mampu terbang non-stop dari Tokyo ke Los Angeles lebih cepat dibandingkan pesawat sejenis.

Keberhasilan Gulfstream menciptakan jet super canggih ini tak lepas dari kandungan teknologi yang dimilikinya. Radar cuaca 3 dimensi (3-D) siap memberikan informasi cuaca terkini yang diintegrasikan dalam Planeview II™. Selain itu Enhanced Vision System akan menambah jarak pandang pilot dengan panduan Head-Up Display II dan Synthetic Vision-Primary Flight Display. Dalam kondisi bencana alam yang tidak menentu, adanya Automatic Emergency Descent Mode akan mempermudah kerja pilot jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sentuhan teknologi canggih juga menyusup ke dalam kabin G650 dengan tinggi 98 inchi dan lebar 75 inchi. Untuk memberikan kenyamanan maksimal kepada para penumpang maka kabin dirancang dengan konsep Cabin EssentialTM yang terdiri dari CabinViewTM dan the Gulfstream Cabin Management System (GCMS). Melalui fitur GCMS, hanya dengan satu sentuhan lewat iPod touch, penumpang dapat mengatur fitur-fitur utama di dalam kabin mulai dari pencahayaan, suhu, entertainment equipment (audio dan video), hingga memanggil awak kabin.

G650 menjadi jet yang paling dinanti kehadirannya, dan baru akan diluncurkan ke pasaran tahun 2012. First delivery G650 akan menjadi momen untuk membuktikan bahwa kecanggihan G650 bukan sekedar konsep di atas kertas, melainkan memang merupakan mahakarya industri penerbangan.

ESQUIRE Magazine
http://www.esquire.co.id/artikel/view/201108/166762/LINTAS-BENUA-SUPER-CEPAT
Teks : Harry Wicaksana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • 154,345 Sentuhan
free counters
%d blogger menyukai ini: