Manfaat Makan Sahur

Makan sahur adalah suatu rutinitas yang biasa kita jalankan ketika kita menunaikan ibadah puasa. Tetapi terkadang kita tidak tahu apa sebenarnya manfaat dan keberkahan melaksanakan sunnah makan sahur, bahkan banyak diantara kita yang justru meninggalkannya dengan alasan klasik yaitu ngantuk atau malas bangun. Selama bulan Ramadhan kita disunnahkan untuk makan sahur, seperti sabda Nabi Muhammad SAW “Hendaklah kalian makan sahur, karena makanan sahur itu ada barokahnya”. Tetapi banyak diantara kita yang menganggap sahur tidak harus dilaksanakan, dengan alasan malas bangun atau mengantuk. Atau makan malam dan sahur digabung di tengah malam. Akibatnya kita akan cepat lapar dan lemas. Padahal manfaat sahur antara lain untuk mengisi energi yang akan dipakai seharian ketika puasa.

Padahal kalu kita melaksanakan makan sahur sesuai tuntunan Rasul maka ada banyak keberkahan yang bisa kita peroleh. Berikut diantaranya:

1. Dengan bersahur berarti menjalankan sunnah Rasulullah saw
2. Dengan bersahur berarti kita membedakan diri kita dengan ahli kitab, sedangkan kita diperintahkan agar berbeda dengan mereka dalam segala hal
3. Sahur menambah kekuatan beribadah
4. Sahur menambah keikhlasan beribadah
5. Sahur membantu menghilangkan kemarahan dan tabiat buruk yang biasa muncul karena lapar
6. Waktu sahur adalah waktu yang baik untuk membantu tetangga yang fakir miskin yang datang kepada kita karena kelaparan
7. Saat sahur adalah saat ketika doa-doa kita dikabulkan
8. Pada waktu sahur, seseorang berkesempatan untuk mengingat Allah, berdzikir, dan mengangkat tangannya ke hadirat Allah untuk berdoa.

Dari segi kesehatan, orang yang bangun sebelum subuh dan melakukan kegiatan, seperti makan sahur dan shalat tahajud akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan tubuh menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit serta lebih awet muda. Karena di saat sebelum subuh, suhu tubuh menurun drastis. Jika kita bangun, urat-urat bergerak, darah mengalir lebih cepat dan suhu tubuh menghangat dengan sendirinya. Apalagi jika dilanjutkan dengan mengambil air wudlu, darah akan lebih cepat mengalir menetralisir dinginnya air.

Jadi masihkah kita bermalas-malasan untuk melaksanakan sunnah Rasul yaitu makan sahur, yang mana sangat banyak sekali manfaat atau keberkahan yang akan kita dapatkan. Selamat berpuasa ya dan jangan lupa makan sahur.

http://kirimwarta.blogspot.com/2011/08/manfaat-dan-keberkahan-makan-sahur.html

1 Komentar (+add yours?)

  1. Mochammad
    Agu 09, 2011 @ 03:53:03

    Padahal sudah diatur dalam adab berpuasa ya, tapi kadang malas makan sahur. Tulisan yang bermanfaat. Terima kasih informasinya.
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • 154,345 Sentuhan
free counters
%d blogger menyukai ini: