Regifauzi’s Journal : Hidup adalah Cerita

Cerita, Cerita, dan Cerita,, itulah yang menjadi fokus cerita kali ini, yap hidup tidak lepas dari cerita karena hidup itu sendiri adalah cerita dan cerita, sedih, susah, bahagia, kehilangan, semua segi hidup manusia adalah cerita, entah yang paling kecil maupun yang besar ataupun yang sepele, gosip, dan bodoh, itu semua yang mewarnai cerita kita sebagai manusia.

apakah kita pernah menyadari betapa banyak sebenarnya cerita – cerita yang kita miliki? mungkin beberapa bisa menceritakan hingga beribu-ribu cerita hingga beberapa yang mungkin cuma bisa menceritakan sedikit, sangat disayangkan memang jika kita hanya bisa menceritakan sedikit dari kisah hidup kita, ingat zaman dulu orang sering menulis dalam buku harian atau diary dan jurnal? coba jika memang dulu ada yang pernah mencoba menulis cerita hidupnya dalam buku harian tengoklah berapa lembar cerita hidup anda yang terekam disana,

atau kita yang menyukai teknologi, bukalah facebook, blog, twitter dan tengoklah status yang kita ceritakan dari awal mendaftar di web-web tersebut sampai akhir atau sampai sekarang jika masih, semua yang ada disana adalah cerita kisah hidup kita, cerita hidup kita entah disadari atau tidak,dan ketika kita melihat cerita kita dulu mungkin kita tertawa, menangis bahkan terinspirasi untuk menulis cerita lagi. jadi bukankah sebenarnya dari zaman dulu hingga sekarang manusia masih suka bercerita walau caranya berbeda – beda?

cerita tidak akan termakan waktu bila diceritakan, tapi cerita akan menjadi legenda, legenda menjadi dongeng, dan dongeng menjadi mitos. manusia akan terus bercerita, bahkan benda matipun terkadang punya cerita berupa kenangan kenangan yang tersimpan, benda – benda, musik, bahkan sebongkah batupun terkadang mempunyai cerita.

Saya akan contohkan cerita tentang selembar uang 1000 rupiah. coba bayangkan selembar uang 1000 rupiah dari awal diciptakan hingga akhir dihancurkan, pernah dipegang berapa orang? mungkin lebih dari 100 atau kurang namun intinya berapa cerita yang disimpan di selembar uang tsb? mungkin saat dipegang seseorang ditabung untuk membeli pesawat dan berhasil? atau diberikan untuk pengemis karena kasihan? atau dibelikan sesuatu yang sepele? berapa banyak cerita yang disimpan oleh selembar uang 1000? Banyak! dan terkadang ada orang – orang yang suka menulis coretan – coretan bahkan no. handphone di lembaran uang dan jika kita punya yang seperti itu bayangkan berapa banyak yang melihat hal tsb dan
coba bayangkan uang yang kita pegang sekarang sudah tangan ke berapa? dan ketika di tangan kita cerita apa yang terjadi sampai kita menggunakannya? itulah cerita yang ada di benda mati, terkadang kita sebagai manusia memberikan sebagian cerita kita berupa kenangan pada suatu benda yang merubah benda tersebut menjadi kenang – kenangan yang mengingatkan kita terhadap suatu cerita hidup kita, jadi jangan pernah meremehkan benda – benda yang mempunyai arti cerita bagi kita.

cerita dan cerita takkan ada habisnya, dari zaman dulu hingga sekarang manusia terkadang melupakan arti cerita hidupnya dan banyak yang merasa perlu untuk ‘membuang masa lalu’-cerita masa lalu, apakah itu perlu? hidup adalah cerita, jadi takkan terlepas dari kita walau kita berusaha menghapusnya, yang ada adalah kita tidak menghargai cerita karena sesungguhnya cerita hidup kita sungguh berharga jika kita sadari arti sesungguhnya dari seluruh cerita yang kita ceritakan dari kita lahir sampai akhir hayat, semua cerita hidup kita terutama yang menyedihkan tidak seharusnya tidak diceritakan, karena dengan cerita – cerita itulah kita hidup dan dengan hiduplah kita bercerita.

jadi janganlah berhenti bercerita karena cerita adalah bagian hidup kita

,MFR R.Fauzi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • 154,100 Sentuhan
free counters
%d blogger menyukai ini: