Hubungan Indonesia – Mesir

INILAH.COM, Jakarta – Hubungan Indonesia-Mesir sudah dimulai sebelum kedatangan Islam. Sepanjang itu pula, rakyat Indonesia tidak akan pernah melupakan Mesir sebagai negara pertama di dunia yang mengakui Kemerdekaan RI dari penjajahan Belanda.

Terlihat sepanjang sejarah hubungan kedua negara ini tidak pernah mengalami masalah. Bahkan terus berkembang dan bertambah kuat. Kemenangan diplomasi Indonesia dimulai dari Kairo.

Dengan pengakuan Mesir dan negara Arab lainnya terhadap Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat, segala jalan tertutup bagi Belanda untuk surut kembali atau memungkiri janji, sebagaimana yang selalu dilakukannya di masa-masa yang lampau.

Selain itu, buku ini juga memaparkan bagaimana hubungan bilateral kedua negara yang dimulai sejak pra kemerdekaan, era Presiden Soekarno, Presiden Soeharto sampai era reformasi yang terlihat begitu harmonis. Tidak pernah mengalami goncangan ataupun melemah akibat krisis dan berbagai perubahan yang terjadi di dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Bagi rakyat Mesir, Bung Karno dikenal dengan nama Ahmad Soekarno. Bung karno dan mendiang Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser merupakan sahabat karib dan saling berkerja sama dalam mengusung gerakan antikolonialisme dan kekompakan sesama negara dunia ketiga atau negara berkembang.

Pada saat itu,Presiden Soekarno, Presiden Nasser dan beberapa pemimpin negara lainnya menggalang Gerakan Nonblok yang dikobarkan di tengah Perang Dingin.

“Saya menyimpan banyak kenangan pada masa saya tinggal di Mesir, saat belajar di Al-Azhar. Kenangan yang saya banggakan dan tak akan saya lupakan sebagaimana saya tak melupakan jasa Mesir. Masa saya tinggal di Mesir itu antara 1964-1966. Masa-masa itu adalah saat yang paling penting dalam hidup saya, sebab saat itu merupakan masa pembentukan kepribadian. Saya lahir tahun 1940 dan saat di Mesir itu saya in the prime of life,” demikian catatan Presiden K.H. Abdurrahman Wahid, 17 Juni 2000.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • 154,345 Sentuhan
free counters
%d blogger menyukai ini: