Terbesar di Dunia, Ekonomi China Salip AS

LONDON – Ekonomi China diprediksi bisa menyalip Amerika Serikat (AS) untuk menjadi ekonomi terbesar di dunia pada 2020 mendatang. Riset tersebut diungkapkan konsultan bisnis terkemuka yang menggarisbawahi adanya “perubahan seismik” pada kekuatan ekonomi global.

PriceWaterhouseCoopers (PWC) juga mengatakan, dalam laporannya bahwa pada 2030 ada 10 negara yang menjadi ekonomi dunia mengiringi China, yakni Amerika Serikat (AS), India, Jepang, Brazil, Rusia, Jerman, Meksiko, Prancis, dan Inggris.

Adapun 10 negara dengan ekonomi terbesar saat ini, menurut data yang dilansir pada 2008 dari Dana Moneter Internasional (IMF), yakni AS, Jepang, China, Jerman, Prancis, Inggris, Italia, Rusia, Spanyol, dan Brazil.

“Proyek-proyek ini menunjukkan bahwa China bisa menjadi ekonomi terbesar di dunia pada 2020 dan kemungkinan akan ada beberapa langkah yang diambil AS pada 2030,” kata kepala makroekonomi di PWC, John Hawksworth, seperti dilansir dari AFP, Kamis (21/1/2010).

Hawksworth menambahkan, setelah periode 2020, India dapat tumbuh lebih cepat dari China. Selain itu, India juga akan bergerak cepat ke atas untuk peringkat produk domestik bruto (PDB) global. Percepatan ini lebih karena India merupakan negara dengan populasi yang tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan China.

Laporan ini juga menunjukkan, peningkatan pangsa PDB global diambil oleh China dan India, dibandingkan dengan AS dan Uni Eropa. Adapun proporsi pada 2010 akan menjadi 20 persen untuk AS, 21 persen untuk Uni Eropa, 13 persen untuk China, dan lima persen untuk India.

Kendati demikian, pada 2030 presentase tersebut akan berubah menjadi 16 persen untuk AS, 15 persen untuk Uni Eropa, 19 persen untuk China, dan sembilan persen untuk India.

Kepala ekonom global untuk bank investasi AS Goldman Sachs, Jim O’Neill meramalkan pada November lalu bahwa China akan mengambil alih posisi AS pada 2027, 14 tahun lebih awal daripada prediksi Goldman Sachs sebelumnya yakni 2041.

O’Neill menciptakan istilah “BRICs” yang merujuk ke empat negara pasar berkembang seperti Brasil, Rusia, India, dan China di mana telah membentuk kelompok informal untuk membahas masalah-masalah global dan kebijakan ekonomi.

Kelompok negara-negara berkembang G20 pada tahun lalu perlahan mengambil alih kelompok tradisional G7 yang terdiri dari Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan AS sebagai forum utama pembicaraan ekonomi.
(ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • 154,345 Sentuhan
free counters
%d blogger menyukai ini: