Profil Negara: Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang terdiri dari 6.852 pulauyang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.

Sejarah

Sejarah Jepang bermula dari jaman Jomon, sekitar 10750 tahun sebelum masehi dan berlanjut ke jaman Yayoi (BC 300 – AD 300), jaman Nara (abad ke-7 – abad ke-8), jaman Heian (abad ke-9 s.d. abad ke-12) Kamakuro (abad ke-12 s.d. abad ke-14), Muromachi (abad ke-14 s.d. abad ke-16) Azuchi- Momoyama (abad ke-15 s.d. abad ke-16), jaman Edo (abad ke-16 s.d. abad ke-19), Meiji (1868 – 9111), Taisho (1912 – 1925), Showa (1925 – 1988) dan sekarang ini adalah periode Heisei yang diawali dengan wafatnya Kaisar Hirohito pada bulan Januari 1998 dan naik tahtanya Kaisar Akihito yang dinobatkan pada bulan November 1990.

Kaisar Hirohito

Dalam perjalanan sejarahnya Jepang pernah mengadakan pembarahuruan budaya secara besar-besaran, yaitu dengan meniru berbagai budaya Cina di tahun 645. Pembaharuan ini dikenal dengan pembaharuan Taika. Antara abad ke-7 sampai dengan abad ke-9, Jepang banyak mengirim pemuda-pemudanya untuk belajar di negeri Cina. Di jaman Heian Jepang mulai menciptakan berbagai budaya yang khas Jepang dengan menggunakan rujukan-rujukan dari Cina. Salah satu budaya ciptaannya yang cukup penting adalah tulisan Kana. Pada periode Edo, Jepang menutup diri dari segala pengaruh asing untuk selama kurun waktu kurang lebih 3 abad, kecuali Cina dan Belanda selama masa isolasi ini tidak ada yang diperkenankan masuk ke Jepang, begitu pula sebaliknya orang Jepang tidak diperbolehkan ke luar Jepang.

Pada tahun 1854 ketertutupan Jepang ini berhasil didobrak oleh Amerika
ketika tanggal 8 Juli 1853 Angkatan Laut Amerika Serikat di pimpin Komodor Mattew Calbraraith Pery berlayar ke jepang dengan persenjataan lengkap membawa pesan dari Presiden AS Millard Fillmore yang mengancam Jepang agar membuka pelabuhannya. Jepang Akhirnya menandatangani perjanjian Kanagawa dan membuka secara luas negaranya bagi negara lain.

Dalam bidang ekonomi, ketika Kaisar Muda Matsuhito (Meiji) tanggal 6 April 1868 melarang semua organiasi anti asing dan memulai program modernisasi dengan mengimpor mesin dan peralatan dari Eropa yang masih mengalami revolusi industri. Dalam waktu 25 tahun Teknologi Jepang berhasil menyamai teknologi Eropa dan Amerika, mulailah pembaharuan Jepang lagi yang dilakukan secara besar-besaran pula. Pembaharuan ini dikenal dengan sebutan Restorasi Meiji. Berbeda dengan pembaharuan Taika, dalam pembaharuan Meiji Jepang diarahkan pada Eropa terutama Jerman, dan berusaha menjadikan diri menjadi sebuah negara yang kuat dan kaya. Usaha ini berhasil, namun di dalam perang dunia ke-2 Jepang mengalami kekalahan dan sejak itu Jepang mulai berkiblat ke Amerika.

Setelah sukses dari segi perekonomian dan kesejahteraan rakyatnya, Jepang kini terus melebarkan sayapnya dengan memperkuat basis politik dan kebijakan luar negerinya guna menunjang ambisi politisnya, antara lain menduduki posisi pen-ting di lembaga Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB), serta eksistensinya di kawasan Asia. Budaya Dan perilaku politiknya terus mengalami perubahan dan pergeseran seiring ambisi politiknya tersebut. Jepang sadar untuk mewujudkan ambisinya itu banyak hambatan. Untuk tingkat regional maupun global, hambatan itu antara lain faktor hubungannya dengan beberapa negara tetangga dekatnya di Asia Timur, khususnya China dan Korea Selatan (dan juga Korea Utara

Pemerintahan

Jepang menganut sistem negara monarki konstitusional yang sangat membatasi kekuasaan Kaisar Jepang. Sebagai kepala negara seremonial, kedudukan Kaisar Jepang diatur dalam konstitusi sebagai “simbol negara dan pemersatu rakyat”. Kekuasaan pemerintah berada di tangan Perdana Menteri Jepang dan anggota terpilih Parlemen Jepang, sementara kedaulatan sepenuhnya berada di tangan rakyat Jepang

Konstitusi (Undang-Undang Dasar) Jepang yang mulai berlaku pada tahun 1947, didasarkan pada tiga prinsip : kedaulatan rakyat, hormat terhadap hak-hak asasi manusia, dan penolakan perang. Konstitusi juga menetapkan kemandirian tiga badan pemerintahan – badan legislatif (Diet atau Parlemen), badan eksekutif (kabinet), dan badan yudikatif (pengadilan).

Parlemen Jepang adalah parlemen dua kamar yang dibentuk mengikuti sistem Inggris. Parlemen Jepang terdiri dari Majelis Rendah dan Majelis Tinggi. Majelis Rendah Jepang terdiri dari 480 anggota dewan. Anggota majelis rendah dipilih secara langsung oleh rakyat setiap 4 tahun sekali atau setelah majelis rendah dibubarkan. Majelis Tinggi Jepang terdiri dari 242 anggota dewan yang memiliki masa jabatan 6 tahun, dan dipilih langsung oleh rakyat. Warganegara Jepang berusia 20 tahun ke atas memiliki hak untuk memilih.

Di Jepang terdapat 47 pemerintah daerah tingkat prefektur (semacam propinsi) dan lebih dari 3300 pemerintah daerah pada tingkat bawah. Tanggung-jawab mereka meliputi : pengadaan pendidikan, kesejahteraan, dan pelayanan lain serta pembangunan dan pemeliharaan prasarana, termasuk utilitas. Para kepala pemerintahan daerah serta anggota parlemen daerah dipilih oleh rakyat setempat melalui pemilihan.

Kabinet Jepang beranggotakan Perdana Menteri dan para menteri. Perdana Menteri adalah salah seorang anggota parlemen dari partai mayoritas di Majelis Rendah. Partai Demokrat Liberal (LDP) berkuasa di Jepang sejak 1955, kecuali pada tahun 1993. Pada tahun itu terbentuk pemerintahan koalisi yang hanya berumur singkat dengan partai oposisi. Partai oposisi terbesar di Jepang adalah Partai Demokratik Jepang.

Jepang menganut sistem pemerintahan parlementer seperti Inggris dan Kanada. Berbeda dengan rakyat Amerika atau Prancis, rakyat Jepang tidak memilih presiden secara langsung. Para anggota Diet memilih perdana menteri dari antara mereka sendiri. Perdana menteri membentuk dan memimpin kabinet menteri negara. Kabinet, dalam menjalankan kekuasaan eksekutif, bertanggung-jawab terhadap Diet.

Kekuasaan yudikatif terletak di tangan Mahkamah Agung dan pengadilan-pengadilan yang lebih rendah, seperti pengadilan tinggi, pengadilan distrik, dan pengadilan sumir. Mahkamah Agung terdiri dari Ketua Mahkamah Agung, dan 14 Hakim lainnya, semuanya ditunjuk oleh kabinet. Kebanyakan kasus ditangani oleh pengadilan distrik yang bersangkutan. Juga ada pengadilan sumir, yang menangani kasus seperti pelanggaran lalu-lintas, dll.

Budaya

Negara Jepang kaya dengan berbagai kebudayaan leluhurnya yang beraneka ragam. Walaupun saat ini perkembangan teknologi di Jepang terus berkembang dalam hitungan perdetik, namun sisi tradisional masih terus dilestarikan hingga sekarang ini. Berikut ini adalah salah satu dari berbagai macam kebudayaan Jepang yang masih terus berlangsung hingga saat ini :

- Matsuri

Matsuri adalah kata dalam bahasa Jepang yang menurut pengertian agama Shinto berarti ritual yang dipersembahkan untuk Kami, sedangkan menurut pengertian sekularisme berarti festival, perayaan atau hari libur perayaan.

Matsuri berasal dari kata matsuru yang berarti pemujaan terhadap Kami atau ritual yang terkait. Dalam teologi agama Shinto dikenal empat unsur dalam matsuri: penyucian (harai), persembahan, pembacaan doa (norito), dan pesta makan. Matsuri yang paling tua yang dikenal dalam mitologi Jepang adalah ritual yang dilakukan di depan Amano Iwato.

- Origami

Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

- Cha no Yu/Shadoo

Upacara minum teh (茶道sado: “jalan teh”) adalah ritual tradisional jepang dalam menyajikan teh untuk tamu.

Saat ini, upacara minum teh di kalangan orang jepang relatif hobi yang populer. Banyak orang jepang tertarik pada kebudayaan mereka mengambil kelas pelajaran upacara minum teh. Upacara minum teh ini diadakan di ruangan tradisional Jepang di pusat-pusat komunitas budaya atau rumah-rumah pribadi. Juga beberapa sekolah di jepang yang membuat upacara minum teh sebagai klub atau kegiatan ekstra kulikuler.

Japanese Woman in a Kimono Making Tea --- Image by © Bloomimage/Corbis

Perempuan Jepang sedang Membuat Teh --- Image by © Bloomimage/Corbis

Pada umumnya, upacara minum teh menggunakan teh bubuk matcha yang dibuat dari teh hijau yang digiling halus. Upacara minum teh menggunakan matcha disebut matchadō, sedangkan bila menggunakan teh hijau jenis sencha disebut senchadō.

Dalam percakapan sehari-hari di Jepang, upacara minum teh cukup disebut sebagai ocha お茶(teh). Istilah ocha no keiko bisa berarti belajar mempraktekkan tata krama penyajian teh atau belajar etiket sebagai tamu dalam upacara minum teh

- Shodoo

Shodoo dalam bahasa jepang yang artinya Kaligrafi (the Way of Brush) adalah salah satu bentuk seni yang telah di pelajari selama lebih dari 3000 tahun yang lalu. Pengetahuan akan seni kaligrafi adalah salah satu langkah yang penting di dalam memahami budaya Jepang.

Sayonara!

Tabloid diplomasi Edisi Februari 2008

http://www.tabloiddiplomasi.org/previous-isuue/53-februari-2008/511-budaya-a-perilaku-politik-jepang-di-asia.html

Kedutaan Jepang

http://www.id.emb-japan.go.jp/expljp_13.html

Randy Galawana

http://chocobolate.wordpress.com/2007/09/12/sejarah-singkat-jepang/

R.F

About these ads

2 Komentar (+add yours?)

  1. zahra
    Agu 05, 2012 @ 08:43:29

    Jepang emg negara sakura

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • 98,357 Sentuhan
free counters
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: